Bahasa sehari-hari di thailand

Sawadee kah :)
Sudah tergila-gila dengan Film Thailand, sekarang tergila-gila untuk belajar bahasa Thailand :D
55555555

Lho? Kok 55555555 ?
Salah pencet?
Ohh, tidaakkk ..

5 = ha
Jadi, kalo 55555555 = hahahahahahahaha...

Eh, itu beneran looh, orang Thailand kalo ketawa, mereka nulisnya "555"
Nah, sekilas, bakalan aku kasih tau deh, bahasa Thailand untuk sehari-hari yang biasa aku pakai buat latihan belajar bahasa Thailand.

Oya, sebelum itu, ada beberapa panggilan dalam bahasa Thailand :

 Krab/Krub = untuk orang yang berbicara adalah pria (boleh tidak dipakai, hanya untuk kesopanan)
 Kah = untuk orang yang berbicara perempuan (boleh tidak dipakai, hanya untuk kesopanan)
 Pom = Saya (laki-laki)
 Chan = Saya (perempuan)

Nah, beberapa kosakata sehari-hari :
 Sawadee (krab/kah) = Hallo/ Salam sejahtera
 Sabai di mai? = Apa kabar?
 Sabai di (krab/kah) = Kabar baik
 Khob khun (krab/kah) = Terima kasih
 Yin dee / Mai pen rai = Sama-sama , tidak masalah
 Chai = Ya
 Mai chai = Tidak
 Arun sawad = Selamat pagi
 Ratree sawad = Selamat malam
 Khun chue arai? = Siapa namamu?
 (Pom/chan) chue....(nama) = Nama saya....(nama)
 Khun na rak maak = Kamu lucu sekali
 Khun suay maak = Kamu cantik sekali
 (Pom/chan) chawp khun = Aku suka kamu
 (Pom/chan) kitteung khun = Aku rindu kamu
 (Pom/chan) rak khun = Aku cinta kamu
 Faan dii na = Mimpi indah
 Khun ayu tao rai khrap? = Umurmu berapa?
 Khor thot khrap = Saya minta maaf
 Tham arai yu khrap? = Kamu sedang apa?
 Rak ka thao rai? = Harganya berapa?
 Phaeng maak = Mahal sekali
 Hong nam yoo nai? = Toilet dimana?
 Nah, itu dulu deh, kalo masalah pengucapannya sih masih mempelajari cara pelafalan yang benar, soalnya beberapa cuma niru gaya pelafalan di film-film Thailand, yang sebenarnya, hmm, agak-agak cempreng gitu deh :p lol

Kalo ada yang mau berbagi kamus bahasa Thailand, monggo di comment, kita belajar bahasa Thailand bersama-sama :D


Khob khun kah :)

Komentar

  1. Saya ada pertanyaan,Kalau di Indonesia kan anak anak menggunakan bahasa gaul contohnya panggilan elu gue, bagaimana dengan bahasa gaul Thailand ??. terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer